PDA

View Full Version : Suara di studio memantul



akanx
12-08-2005, 03:02 PM
Halo Bang Andreas,
Saya baru bikin studio uk.3,5 x 3 x 3 (p,l,t),peredamnya setelah tembok pakae rockwool density 60 terus gypsum,tapi suaranya memantul jadinya bikin kuping berdengung sama suara drumnya terlalu mendominasi,padahal udah saya kasih ornamen diatasnya sama gypsumnya dibolongin.
Kira2 gimana ya supaya nggak begitu?
Thanx a lot

ditto
12-09-2005, 06:49 AM
aye share ya..
kali-2 aja nyambung...

kalo ada 2-sisi bidang sejajar, suara jadi dipantulin bolak-2 balik (pemantulan sempurna/lurus)..
nah, ruangan om kan semua sisinya sejajar tuh, wajar aja kalo akhirnya suara terdengar memantul.
apalagi kl permukaan sisi/bidang tsb keras (semakin keras bahannya, semakin keras memantul)
nah (IMHO) fungsi lubang-2 pada dinding/gypsum itu untuk menyerap pemantulan tadi, cuma kan jadi 'bocor' keluar ruangan, yak..? hehehe

jadi, studio om susunan-nya :
dinding (luar), rockwool, gypsum..?

hmm, kalo iya, kudu keluar dana lagi nih, coba deh lapisi gipsum tadi dengan karpet (makin tebal makin baik), juga bagian bawah/lantai.
Untuk bagian atas pake aja busa/spons (makin tebal makin baik, tapi pasti makin mahal harganya)
khusus bagian yg tidak terjangkau tangan (bagian atas biasanya), coba aja dibuat gelombang-2 (tidak rata) untuk menghindari pemantulan sempurna/lurus. misalnya bagian atap kan pake busa/spons, saat di tempel dibikin agak bergelombang-2, cuma emang bahan yg keluar jadi lebih banyak.

untuk me-minimize sisi/bidang sejajar, bikin aja panggung kecil buat drum, toh kan drum jadi keliatan asik (apa malah udah dibuat panggung nya..? hehehe)

nah kalo udah semua, coba lagi deh pukul drum..
moga-2 suaranya jadi ngga keras/dominan lagi


salam,

Ditto SR

akanx
12-09-2005, 04:36 PM
Salam Bang Ditto(namanya sama ama temen gue),
Thanx atas infonya,aku jg udah kepikiran mau ngelapisin dinding pake karpet itu,cuma buat ngeyakinin apa itu efektif ato nggak,drum udah dibikinin panggung kecil jg,
btw karpetnya yg khusus buat peredam apa yg biasa aja ya?

ditto
12-12-2005, 02:33 AM
beli aja karpet yg memang buat peredam, ukurannya beda-2..
makin tebel pastinya makin mahal..

kalo mau karpet biasa, pilih aja merk buana
itu kayanya dah paling murah..ada juga yg apollo, tapi kayanya yg apollo agak kasar/keras
jgn lupa, siapin budget lebihan..
kalkulasi kebutuhan karpet nya yg bener...
perkiraan untuk ruangan 6x4 meter minimal butuh 1 1/2 roll (45m)
itu untuk semua sisi

gut lak

Andreas
03-07-2006, 04:49 AM
Boleh juga idenya, lbh bagus lagi busanya dilapis fabric / kain supaya lbh rapi dan bagus tampilannya. Jangan lupa tambahin bass trap supaya seimbang penyerapan freq suaranya, untuk menghindari suara mendengung!! Kalo mslhnya akanx spt jg dr ruangan yg hampir mirip kubus ya, jadi jarak tinggi dan lebarnya memiliki jarak gelombang yang sama, shg otomatis dipastikan selalu ada penumpukan suara di freq yg sama. Sptnya salah satunya mesti dependekin dikit deh.

sendhi
03-21-2006, 02:08 PM
dikit mo nanyak nih ...???? yang di maksud dengan bass trap apaan ya?
dan untuk penambahan floating pada bagian bawah lantai memakai ukuran kayu setebal kira kira berapa senti ?

Andreas
03-21-2006, 05:09 PM
dikit mo nanyak nih ...???? yang di maksud dengan bass trap apaan ya?
dan untuk penambahan floating pada bagian bawah lantai memakai ukuran kayu setebal kira kira berapa senti ?
Bass trap itu sejenis acoustical treatment yang berfungsi untuk menjebak frekwensi low agar suara yang diserap menjadi seimbang. Sehingga menghindari suara bass berlebihan yang tidak diinginkan(boomy).
Untuk floating, ketinggian rangka kurang lebih 10 - 15 cm dengan ketebalan lantainya 18 mm.:)

sendhi
03-23-2006, 09:47 AM
trims mas andre . ada lagi yang ditanyakan nih. di antara kedua tataan bata di beri kelonggaran 5 cm trs diantara ruangan itu di biarkan kosong ato diberi semacam glassfol? dan untuk meminimalisasikan bidang sejajar pada dinding apa kita bisa bikin semacam tonjolan yang dipasang sendiri.contohnya pada bidang datar trsbt kita pasang semacam gabus yang berbentuk persegi panjang trs ditempel pada dinding trs supaya bentuk di dinding tersebut menjadi tidak rata ?hihihihihihihih:)

Andreas
03-24-2006, 09:54 AM
Mesti diperhitungkan dulu apa tujuan dari pemasangan gabus di dinding, kalo tujuannya untuk mendifuse pantulan suara ya jangan dipake bahaan gabus, karena dia terlaalu lunak. Tp kalo tujuannya untuk menyerap freq high, bisa aja, tp itu juga terlalu keras untuk bidang penyerapan. Trus seberapa besar tonjolan yg mau dipasang terhadap bidang?

sendhi
03-25-2006, 03:46 AM
untuk pemasangan semacam tonjolan kira kira 8 sampai 10 cm di buat dengan jarak yang berbeda.seperti kita mendekorashi dinding gt.dan untuk menyerap freg besar apa ada cara yang lain selain itu.dan di dalam studio.jika penyerapan freg besar baik . apakah ke acustikan dalam studio sudah baik?

sdikit bidang datar dalam dinding apa sudah mampu menyerap freg besar?:confused:

Andreas
03-28-2006, 05:32 PM
Wah, gw jd gak ngerti deh!! Yg dimaksud dekorasi seperti apa ya? Semacam relief, tekstur, ukiran, atau gimana ya? Trus tujuannya untk apa, cuma dekorasi, ataw ada harapan2 tertentu dari treatment tsb. Trus freq besar itu maksudnya high, low ataw mid ya?
Bidang datar bahannya apa? Kalo keras / solid ya nggak bisa nyerap dong.